Minggu, 10 Februari 2013

Cara Install / Tutorial Magic SSF

Cara Install / Tutorial Magic SSF

Ini ada Tutorial Cara Install Magic, meski Copy - Paste dari Web tetangga.

1. Mesin SSF.
  a. Daftar user di mesin SSF.
        Pertama2 yang harus kita kerjakan di mesin adalah mendaftarkan ID dan SIDIK JARI user ( orang yg akan kita daftar ). caranya. : kita tekan tombol M/OK pada mesin untuk masuk menu. kemudian Mng User
dan di lanjutkan ke User Baru, pada pendaftaran user bau yg perlu kita isi di sini adalah NO ID, FP, dan HAK. Selebihnya bisa kita isi lewat sofware, karena bakal terlalu lama untuk pengisian lewat mesin. unutk penjelasanya NO ID : untuk mengenali id di mesin,FP untuk sidik jari kita,dan Hak untuk mengetahuin ID yg terdafta itu mempunyai hak dalam pengoprasian mesin, sebagai contah hak user hanya bisa untuk upsen saja tidak lebih,tetapi hak sebagai admin mempunyai hak untuk pengoprasian mesin,termasuk mendaftarkan atau menghapus user. setelah selesai klick Ok dan daftarkan lagi bila ada yg mw di daftarkan tp bila sudah cukup klick ESC

  b.Setting IP Lan mesin dan ID mesin SSF.
       Setting IP LAN ssf dan ID SSF tidak kalah pentingnya dalam pengaturan pertama kali dalan pengoprasian magic SSf ini, karena menentukan untuk terkoneksikanya ke komputer.
cara untuk pengaturan IP dan ID bisa masuk ke menu ini. M/OK >> COMM, >> Jaingan, RS232/485, Keamanan. Keterangan : Jaringan : di situ terletak settingan IP unutk yang menggunakan koneksi ke komputer lewat kabel LAN. sedang kalow RS232/485 itu untuk yang menggunakan koneksi ke komputer menggunakan kabel serial.

2. Koneksi SSF ke Komputer.
      Karena dalam artikel sebelumnya telah aku bahas jadi aku sepertinya tidak perlu membahas lagi, tinggal lihat aja ke artikel dengan judul. Setting Koneksi Magic SSF to PC. nah kalian bisa baca di situ kalow sudah lanjut ke yang berikutnya. ok mas brow.. :)

3. Pengoprasian Software Time Attendance.

    
Buka program HIT Time Attendance Admin : 
Username dan Password default adalah “Administrator” dan “Password” tanpa tanda petik.
Tampilan utama Time Attendance System adalah seperti gambar di bawah :
Untuk membuat department, Employee Information, Shift, Flexible Group Shift, Pattern Shift, Roster ada di menu Tools di sidebar kiri atau menu Tools di atas, untu memulai Silhkan Klik Tools di Sidebar sebelah kiri.
Langkah untuk membuat Department adalah seperti gambar dibawah Klik Department setting.
Klik Add New a Isi Department Code misal “MARKETING”, Department Name misal “MARKETING” tanpa tanda petik a klik Save. Ini bisa diulangi untuk penambahan Department berikutnya.

Gambar Contoh pembuatan Department seperti gambar dibawah :
 Untuk Melihat hasil Input Data Department yang telah kita masukkan dapat dilihat dengan klik tombol yang diberi tanda kotak hijau seperti gambar dibawah :

Hasil Input Data Department seperti gambar dibawah :

Pembuatan Employee Information Setting :

Klik Employee Information Setting di Sidebar sebelah kiri a Add News a Isi Fingerprint ID, Employee ID, dan seterusnya yang diberi kotak berwarna hijau. Nickname ( maks. 7 huruf ) perlu diisi dipergunakan untuk memberikan nama pada Mesin Absen dan sinkronisasi data antara mesin absen dan komputer.

Contoh Pengisian Employee Information seperti gambar dibawah :

Untuk melihat data yang sudah kita masukkan klik pada tombol dengan tanda kotak hijau seperti gambar dibawah :

Hasil Input Data yang sudah dimasukkan :

Pembuatan shift :

Klik Shift Setting di Sidebar kiri a Add New a Isi Shift Code, Shift Number otomatis, Shift Name, Shift Begin dan Shift End. Seperti Contoh gambar dibawah ini :

Untuk melihat Input Data Shift yang sudah dilakukan dapat dengan klik tombol dengan tanda kotak hijau seperti dibawah : 
 Hasil Input Data Shift seperti gambar dibawah :
 

Pembuatan Flexible Group Shift ( jika memang terdapat Shift / Jam Kerja yang Flexible atau tidak tetap ) jika tidak ada bisa dilewati ke langkah yang berikutnya.

Klik Flexible Group Shift Setting di Sidebar a Add New a Isi Group Shift Code, Group Shift Name dengan misal “PRODUKSI”, “PRODUKSI” a Kemudian klik Choose untuk memilih shift mana saja yang masuk kedalam Flexible Group Shift Code ini.
Hasil Contoh Pembuatan Flexible Group Shift Setting seperti gambar dibawah :

Pembuatan Pattern Shift ( Fixed )

 Klik Pattern Shift Setting di Sidebar kiri a Add New a Isikan Pattern Code, Pattern Name, Day, Tipe Fixed dan masukkan Shift a klik tombol dengan tanda kotak hijau. Sampai hari ke tujuh. Dimana hari Pertama adalah Hari Senin, sampai hari ke tujuh yaitu hari Minggu. Misal hari ke enam hari sabtu bisa diisi dengan “Shift Sabtu”, dan hari minggu bisa diisi dengan “Shift OFF” atau “Shift OT” a Klik Save a Klik Add employee dan pilih seperti gambar dibawah, centang yang dipilih dalam hal yang masuk dalam Pattern 
( Pola ) Fixed.

 Kemudian àKlik Check for select all of Employee dan a Klik Proses a OK.

Pembuatan Pattern Shift ( Flexible )

Klik Pattern Shift Setting di Sidebar sebelah kiri a Add New a Pattern Code, Pattern Name, Day, Tipe dengan misal Code : “PRODUKSI”, Name : “PRODUKSI”, Hari dimulai “Senin”, Tipe : Flexible a Masukkan List of Pattern Detail dengan Klik aTombol panah kebawah dengan tanda kotak warna hijau seperti gambar diatas, sampai hari ke Tujuh a Add Employee centang Karyawan yang masuk pada tipe Flexible ini à Choose.

 Pada Tipe Flexible ini geser Scroolbar bawah ( dengan tanda kotak warna hijau ) sampai ke kanan dan klik Group Shift Code ganti dengan tipe Misal “PRODUKSI” à Proses à Ok.

Roster ( Penjadwalan )
 Klik Roster Setting di Sidebar sebelah kiri a Tombol View untuk melihat jadwal yang sudah di setting di Pattern Shift Setting.

Jika Jadwal masih X ( no Generating Calendar ) berarti karyawan tsb masih belum masuk di Pattern Shift Setting, contoh seperti gambar diatas pada karyawan bernama Gun.

Nah karen hari sudah terlalu gelap untuk sementara ini aja dulu yang lainya nyusul semoga bermanfaat, untuk sesi tanya jawab bisa di poskan atau komentar di bawah nanti apa bila banyak pertanyaan yang belum tertera dalam penjelesanan di atas maka insaalloh aku bakal buka artikel yang di dalamnya berisikan sesi pertanyaan dari kendala2 dalam mogic ssf dan cara mengatasinya atau jawabanya.
ok semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Blog Jual Beli