Minggu, 13 Januari 2013

Menginstal XP Dengan Flash Boot


Ada banyak cara untuk install Notebook dengan Windows XP menggunakan USB Flashdisk. Dimana sebelumnya aku pernah memposting Install Komputer/Laptop Dengan Flashdisk. Namun kali ini aku akan mencoba share cara install Windows XP lewat USB Flashdisk dengan menggunakan Flashboot 2.0b Portable lengkap dengan langkah - langkahnya.
Sebelumnya siapkan dulu Flashdisk (minimal ukuran 1 GB) dan software berikut ini: 
Note : Dalam hal ini aku hanya menggunakan Flashboot 2.0b portable karena HPUSBDisk.exe nggak bisa aku gunakan. Untuk format Flashdisknya bisa lewat windows explorer dengan setingan format system FAT32.

Bila kedua software sudah didownload, lanjutkan langkah-langkah dibawah ini:
  1. Setelah itu keluar pilihan skenario, pilih Convert Windows XP/2000 Installation CD lalu klik Next lagi.Convert Windos XP/2000 Installation CD
  2. Siapkan cd installasi windows xp, atau file ISO-nya.
  3. Masukkan/ Tancapkan flashdisk ke komputer, ingat !! sebelumnya backup data penting didalam flashdisk, lalu jalankan programHPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisc. Lalu formatlah flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe. Pilih file system FAT32 untuk format flashdisk. Jika software ini tidak bisa digunakan, formatlah melalui windows explorer.
  4. Jalankan Flashboot 2.0b portable.exe.
  5. Setelah program terbuka, klikNext
  6. Muncul pilihan FlashBoot Main Menu, lalu klik menu CD -> USBFlashBoot Main Menu
  7. Kemudian pilih drive cd/dvroom yang sudah berisi Windows XP CD, atau pilih opsi Image fileJika ingin mengambil dari file iso yang sudah dibuat dengan program iso maker lalu klik NextPilih sumber file
  8. Kemudian pilih drive Flashdisk, Selanjutnya klik Next lagi.
  9. Masukkan pada Volume label terserah, dan file system pilihFAT32, klik Next.Volume label
  10. Lalu klik tombol Format Now untuk memulai proses pembuatan Windows XP Flashdisk.
  11. Tunggu proses format dan copy file Windows sampai selesai, sampai muncul Complete successfully.Click OK to exit.

Langkah selanjutnya adalah memulai proses Install dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Jangan lupa sebelum restart agar mencabut flashdisk hal ini mencegah boot ke flashdisk yang akan mengakibatkan proses kembali dari awal lagi. Setelah komputer restart dan booting dari harddisk, di monitor akan muncul jendela setup windows xp. Tekan Enter untuk mulai menginstall windows.

    1. Restart komputer,lalu Atur bios booting dari flashdisk.
    2. Tunggu sampai keluar jendela Flashboot wrapper for windows 2000/XP setup.
    3. Pilih Instal Windows. Jika keluar jendela There are no usable partitions for Windows 2000/XP setup at the moment. Please create some DOS partitions first.” Itu berarti drive C: (yang akan diinstall windows) belum diformat ke system FAT/FAT32 dan partisi belum diaktifkan. Tekan tombol “ESC” untuk kembali ke menu sebelumnya.
    4. pilihEdit partitionsuntuk mulai menggunakan program FDISK. Lalu ketik Y dan tekan Enter pada jendela konfirmasi Fdisk.
    5. Pilih secara berurutan 1 -> 1 -> Y untuk mulai membuat partisi untuk windows.
    6. Sampai terbentuk partisi C: dengan system file FAT32, lalu tekanESC. Kemudian pilih no. 2. Set Active partition untuk mengaktifkan drive C: yang sudah dibuat pada langkah 5. selanjutnya tekan tombol ESC lagi untuk kembali ke menu utama.
    7. Keluar dari program FDISK dan komputer akan direstart. Pastikankomputer di boot lagi dari flashdisk. Jika jendela Flashboot wrapper sudah muncul(seperti dilangkah no.2) sekarang pilih no. 2 . Install Windows lalu pilih disk C: tekan Enter untuk menginstall windows XP ke drive C:.
    8. Jawab Y jika ada warning untuk memformat drive C:. Tunggu system akan memformat drife C: lalu tekan Enter lagi.
    9. Kemudian akan keluar jendela Windows XP Home/Profesional Setup. Tunggu sampai 100 % system sedang menyalin file yang diperlukan ke harddisk.
    10. Jika proses copy file windows sudah selesai, program akan meminta restart. Sampai disini flashdisk sudah tidak diperlukan lagi, Tekan Enter lalu cabut Flashdisk dari computer agar komputer booting dari harddisk (Setting BIOS lagi jika pc gagal booting dari harddisk).
    11. Kemudian tekan tombol F8 pada jendela Windows XP Licensing Agreement.
    12. Lalu pilih drive C: dan tekan Enter.
    13. Pilih Convert the partition to NTFS (lebih disarankan), lalu tekan Enter. kemudian tekan C.
    14. Setelah itu tunggu proses instalasi windows XP sampai selesai. Sampai dilangkah ini, anda hanya tinggal mengikuti intruksi yang tampil dilayar monitor sampai finish.
    Jika nanti windows minta restart lagi, restart saja dan booting sudah normal dari harddisk. Yang perlu diingat adalah booting dari flashdisk hanya untuk proses copy file ke harddisk. Setelah itu flahsdisk tidak diperlukan lagi (sampai langkah no. 10). Silahkan dicoba semoga berhasil.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Blog Jual Beli